
Mengetahui dan memilih keyword yang paling banyak dicari orang dan lebih SEO Friendly pada judul artikel blog atau website sangatlah penting untuk mendapat banyak pengunjung. Dalam pemilihan keyword kita harus berhati-hari untuk menentukannya, sehingga kita bisa mendapatkan respon yang baik dari mesin pencari atau search engine khususnya google.
Mungkin anda agak kesulitan dalam pemilihan dan menentukan keyword mana yang paling banyak dicari pada Google. Pastinya akan sangat sulit jika anda berusaha menentukan keyword (kata kunci) yang tepat hanya dengan mengandalkan insting tanpa melakukan survey, setelah membaca tips pada postingan kali ini anda tidak akan bingung lagi untuk menentukan kata kunci mana yang cocok anda pilih untuk judul blog maupun artikel pada blog anda. Karena pada trik SEO kali ini saya akan membahas tentang cara memilih keyword atau kata kunci yang paling banyak dicari orang pada google dan melihat jumlah pesaing yang akan anda dapatkan dalam kata kunci tersebut.
Google pasti sudah mempertimbangkan kesulitan pemilihan kata kunci ini, oleh karena itu google juga sudah memberikan sebuah alat untuk melakukan survey keyword yang kita inginkan, yaitu Google AdWords. Alat untuk melakukan survey tersebut dapat anda temukan dengan klik link berikut Google AdWords.
Bagaimana cara memilih dan menentukan kata kunci yang paling banyak dicari dengan AdWords?
1. Buka alamat http://www.adwords.google.com/keywordtool
2. Masukkan keyword yang ingin anda cari untuk disurvey pada kolom "Word or phrase", sebagai contoh saya menggunakan kata kunci "Keyword SEO"
3. Masukkan kategori blog anda
4. Pada "Advanced Options and Filters" gantilah pengaturan lokasi menjadi Indonesia dan bahasa menjadi All Languages.
5. Isi Verivikasi Captcha, lalu Search dan lihat hasilnya.
1. Google Keyword Planner:
Ini adalah sebuah tool bawaan google, google keyword planner merupakan sebuah tools/alat gratisan yang disediakan oleh Google selaku search engine/mesin pencari bagi para orang-orang yang ingin melakukan pencariaan kata kunci yang ideal di dalam dunia bisnis online. Gunakan tools ini secara benar dan akurat, maka hasil yang ingin dicapai pun dapat tercapai dengan baik. Itulah rahasia cara riset keyword 2015 paling jitu yang paling dasar! Ini dia langkah-langkah nya :
- Masukan KATA KUNCI/KEYWORD dasar yang Anda kejar, misalkan Anda adalah sebuah penjual batik Indonesia. Maka masukanlah kata kunci ‘batik Indonesia’ disana. (lihat video untuk lebih jelasnya)
- Setelah kata kunci dimasukan, pilih NEGARA dan BAHASA yang diinginkan. Lalu klik SEARCH.
- Hasilnya pun akan keluar, disini dia trik nya akan kita gunakan. Lihat dibagian estimasi biaya/suggested bid. Disitu Anda akan melihat jumlah biaya bukan? Biaya apakah itu? Itu adalah biaya KLIK dari kata kunci yang akan Anda pakai. Menarik bukan?
- Pilih kata kunci yang memiliki HARGA paling mahal, dan pencariaannya BANYAK.
- Taruh kata kunci itu dalam sebuah notes, simpan dan amankan.
Dari cara diatas, sebenarnya kita sudah melakukan setengah dari cara riset keyword 2015 paling jitu. Namun, ada beberapa langkah sederhana lagi yang harus kita kerjakan agar hasil yang diperoleh tidak mengecewakan di kemudian hari.
Setelah anda melakukan langkah-langkah itu, akan muncul hasil seperti di atas (klik jika kurang besar). Pada kolom "Global Monthly Searches" adalah jumlah seluruh orang yang mencari kata kunci itu di google satu bulan terakhir, dan pada kolom "Local Monthly Searches" adalah jumlah pencari lokal pada negara yang kita pilih, pada contoh ini yang saya pilih adalah Indonesia.
Cara diatas hanya dapat berfungsi untuk memilih kata kunci yang baik dan benar untuk short tail keyword. Sekarang tergantung pilihan anda apakah ingin menggunakan long tail keyword yang punya sedikit saingan atau short tail keyword yang punya saingan sangat banyak. Sebaiknya jika blog anda masih tergolong blog baru dan belum mempunyai kualitas seo off page maupun on page yang baik, gunakanlah long tail keyword, karena dengan begitu anda akan lebih mudah mendapatkan peringkat pertama pada search engine.
Dengan trik ini anda sudah tidak akan bingung lagi untuk memilih kata kunci yang mempunyai saingan sedikit dan dicari banyak orang. Sekian Cara Memilih Keyword Yang Paling Banyak Dicari Orang, jika pada tutorial kali ini anda masih bingung dengan penggunaan AdWords atau yang lain bisa anda tanyakan di kotak komentar. Untuk melihat berapa saingan yang akan anda dapatkan pada keyword tersebut anda bisa coba mengetik keyword di google dan melihat berapa hasil yang ada.